Dituding Hina Indonesia, Drakor Racket Boys Diserang Netizen

Infoseleb.id- Episode ke-5 drama Korea Racket Boys menuai kritik dari pecinta drakor Indonesia. Media sosial SBS pun langsung diserbu oleh netizen.

Drama Racket Boys sendiri tayang di SBS TV setiap Senin dan Selasa. Drama ini juga tayang di Netflix untuk para penonton Internasional.

Dilansir dari laman resmi Netflix, drama Racket Boys bercerita tentang seorang anak kota yang dibawa ke pedesaan, mengikuti pekerjaan baru ayahnya yang merupakan seorang pelatih.

Ayahnya yang seorang pelatih tersebut harus menghidupkan kembali tim bulu tangkis yang terancam bubar di sebuah SMP yang juga merupakan tempat barunya melatih Bulutangkis.

Para emain yang membintangi drama ini adalah Kim Sang-kyung sebagai Yun Hyeon-jong yang merupakn ayah Hae-kang, Oh Na-ra sebagai Ra Yeong-ja yang merupakan ibu Hae-kang, Tang Jun-sang sebagai Yun Hae-kang, dan dikreatori oleh Cho Young-kwang dan Jung Bo-hun.

Drama ini juga menceritakan perjuangan para atlit muda Badminton Korea.

Hae-kang sendiri sebenarnya lebih tertarik untuk menjadi pemain olahraga baseball. Namun karena ketidaksengajaan situasi yang harus dihadapinya di desa tempat tinggal barunya, dia akhirnya bergabung sebagai tim pemain bulu tangkis di SMP Haenam.

Racket Boys juga menawarkan banyak adegan lucu dalam setiap episodenya. Namun pada episode 5, drama ini banyak menerima protes dari para penggemar drakor di Indonesia.

Para penggemar kecewa dikarenakan pada episode 5 dalam drama Racket Boys ini dianggap telah menampilkan beberapa adegan yang merendahkan image atau citra Indonesia dalam olahraga bulutangkis.

Dalam episode tersebut, sebelum menampilkan kemenangan Se-yoon yang menang melawan Ivana Putri pemain tunggal putri Indonesia dengan skor 21-9, 21-7 di Jakarta, Pak Fang yang merupakan salah satu mentor atau pelatih yang mendampingi Se-yoon sempat mengeluh mengenai fasilitas atletnya.

Pak Fang menilai bahwa penginapannya tidak bagus. Ia juga mengeluh bagaimana atlet Indonesia bisa berlatih di tempat pertandingan, sedangkan atlet yang ia dampingi berlatih di tempat latihan tua tanpa AC.

Kemudian saat ditanya oleh salah satu rekannya, Pak Fang menjawab, “Alasannya hanya satu. Itu karena Han Se-Yoon. Mereka mau mengalahkannya, bagaimanapun caranya.”

Selain itu, pada saat pertandingan antara Se-yoon dan Putri dimulai, ditampilkan bagaimana ramainya suporter bulutangkis Indonesia yang menyaksikan mereka. Tampak pula Istora Senayan digambarkan sangat apik dan detail.

Adegan pertama Indonesia menang dan para pendukung menyuarakan dukungannya kepada Putri dengan menyebut namanya. Namun, dukungan para suporter Indonesia tersebut dianggap sebagai ejekan dan tidak sopan kepada lawan oleh pelatih Se-yoon.

Hal-hal tersebut ramai dikritik oleh penggemar Indonesia. Netizen pun menyerbu postingan pada akun Instagram SBS Drama Official.

Seperti pada unggahan terbaru SBS mengenai drama Racket Boys yang diposting pada Rabu, 16 Juni 2021. Kolom komentar pada postingan tersebut dibanjiri oleh kritikan dari netizen Indonesia.

“Kehilangan rasa hormat,” tulis @purplxvy dalam bahasa Inggris pada 16 Juni 2021.

“Apologize,” komentar @saa.fwaulia.

“Minta maaf kepada Indonesia, jangan membuat jokes dengan mengejek negara lain itu tidaklah lucu,” kritik @94alika dalam bahasa Inggris.

“Padahal dramanya seru tapi pas ada adegan gitunya, jdii kesel anjir:((,” tulis @na_kyunju.

“SBS, tolong meminta maaf kepada Indonesia, untuk dialog di episode 5. Itu sangat mengecewakan. Kami penggemar Indonesia tidak pernah mengejek negara lain. Kami tekankan bahwa kami selalu sibuk mendukung pemain, tetapi kami tidak pernah mengejek negara lain. Tolong jelaskan apa yang dia katakan. Benar-benar sangat mengecewakan. Meski banyak yang tertarik dengan drama ini tapi sayangnya mereka malah mengejek negara kita,” komentar @stoer72.

sumber: pikiran-rakyat.com