Adegan Karakter LGBT di Film Doctor Strange 2 Lolos Sensor di Indonesia

Infoseleb.id- Bagi yang hobi nonton film di bioskop, film Doctor Strange Multiverse of Madness alias Doctor Strange 2 adalah film yang dinanti-nanti.

Namun, film ini tak lolos sensor di Arab Saudi, karena menampilkan karakter LGBT. Adegan tersebut lolos sensor di Indonesia.

Ada adegan yang menampilkan karakter LGBT melibatkan tokoh America Chavez (Xochitl Gomez) dalam sebuah flashback ketika dirinya berusia 6 tahun. Saat itu Chavez yang memiliki kekuatan super untuk membuka portal ke dunia lain, diceritakan sedang berada di kampung halamannya bersama orang tuanya. Yang jadi kontroversi, kedua orang tua Chavez digambarkan berjenis kelamin perempuan.

Adegan berdurasi 12 detik itu ditampilkan untuk memberikan backstory terhadap karakter Chavez yang mendukung motif tindakannya dalam film. Chavez trauma karena kekuatannya yang tak bisa ia kontrol, membuat orang tuanya terlempar ke dimensi lain. Karena alasan itulah Disney yang membawahi Marvel Studios, menolak permintaan otoritas Arab Saudi untuk melakukan sensor.

Karakter Chavez yang diperankan aktris berusia 16 tahun itu juga merupakan karakter lesbian. Sedangkan homoseksualitas masuk kategori pelanggaran hukum syariah di Arab Saudi.

Sebelumnya, film produksi Marvel, Eternals, juga ditarik peredarannya dari bioskop di Arab Saudi karena adegan yang menampilkan pasangan gay. Film tersebut juga gagal tayang di Kuwait dan Qatar.