Film Nussa Bakal Tayang di Bucheon Film Festival

Infoseleb.id- Rumah produksi Visinema mengumumkan film animasi Nussa akan tayang perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) yang berlangsung di Korea Selatan selama 8-18 Juli 2021.

“Berkesempatan untuk tayang perdana di dunia pada 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) setelah terpilih sebagai film untuk kategori Family Section,” tulis Instagram Visinema.

Keterangan Visinema berlanjut, “Hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami karena #FilmNussa berkesempatan untuk dinikmati dan diapresiasi oleh penonton Asia dan dunia.”

BIFAN sendiri merupakan festival film skala internasional yang diselenggarakan setiap tahun di kota Bucheon, provinsi Gyeonggi. Festival ini pertama kali di gelar pada 1996 silam dan berlangsung sampai sekarang.

Nussa bukanlah satu-satunya yang tayang di BIFAN 2021. Sebelumnya, rumah produksi Miles Films mengumumkan film Paranoia juga akan tayang di festival bergengsi di Korea Selatan itu.

Nussa mengisahkan bocah laki-laki bernama Nussa menghadapi permasalahan baru dalam hidupnya. Seorang anak baru datang dan mengalahkan dirinya dalam lomba sains, serta kekecewaan mendalam akibat sang Abi yang tak memenuhi janji.

Padahal selama ini, Nussa dikenal sebagai anak yang pintar dalam sains, terobsesi bisa menerbangkan roket, serta soleh juga berbakti kepada orang tuanya.

Dalam pergulatan batin tersebut, Nussa mengalami pembelajaran baru yang membuatnya semakin memahami kehidupan dan menjadi anak yang lebih dewasa.

Sebelumnya, Nussa menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah dikritik oleh Denny Siregar pada Januari kemarin. Ia menilai Nussa sebagai film yang mempromosikan Islam kearab-araban.

Produser eksekutif film Nussa, Angga Sasongko, langsung merespons kritik tersebut. Ia menjelaskan bahwa tidak ada keterlibatan pemuka agama dalam film animasi berlatar agama Islam ini.

“Mas Denny, pada proses kreatif dan produksi tidak ada keterlibatan pemuka agama. Cerita dan skenario film ini digarap Skriptura, divisi IP Development Visinema Group. Produksi animasinya oleh The Little Giantz dan distribusi & promosinya oleh Visinema Pictures,” tulis Angga.

Sebelum dijadikan film, Nussa merupakan serial animasi yang digarap The Little Giantz dan 4Stripe Productions. Serial ini pertama kali tayang di YouTube sejak November 2018 dan berakhir pada pertengahan Januari 2020.

Seiring waktu, Nussa yang berisi ajaran Islam semakin dikenal secara luas. Serial ini juga sempat tayang di NET TV, Indosiar, Trans TV, dan salah satu kanal televisi Malaysia.